Langsung ke konten utama

Wedding Preparation - Mahar & Cincin Kawin

Bismillahirrahmanirrahim,

sudah lama ya ga nulis, lama sekali. dulu niatnya blog mau diisi informasi yang aku punya, tapi sekarang kayanya mau diisi random aja deh hehe.
terinspirasi dari pengalamanku cari informasi via browsing ke blog blog, aku juga mau nulis pengalaman aku, siapa tau bisa bantu yang lain. tadinya sih ga kepikiran mau share karena kynya privasi gitu. tapi karena aku merasa terbantu juga sama teman teman blogger yang nulis ini, bikin aku pengen ikutan nulis juga, ya meskipun mungkin isinya 11-12 sama yang ditulis blogger lain, anggep aja tulisan ku ini update 2019 nya ya, karena aku sendiri cari di browser dapetnya tulisan tahun udh beberapa tahun belakang, jd harganya udah kurang relevan karena infalsi . oke udah dulu ya basa basi blog nya. 


mulai ke ceritanya, jadi cami (baca : calon suami) udah mulai memikirkan pernikahan, masih tahap awal banget sih, karena dia denger dari org  terdekatnya kalo punya niat nikah tuh lakuin aja, ga usah nunggu nabung, nanti ga ketabung tabung dan dia jg khawatir akan duit panas, yakan namanya gaji freshgrad, jadi dia kepikiran uangnya dicicil bentuk wedding preparation, bukan ditabung cash. dia sempet nanya aku mau mahar apa. aku bilangnya alat solat doang juga gapapa, yang gmpang aja biar ga ngeberatin. seperti yang sering dibilang pak ustad pas kajian 

“Di antara kebaikan wanita ialah memudahkan maharnya ..." HR. Ahmad (no. 23957), al-Hakim (II/181),

eh si cami nya malah tanya aku balik, kalo aku kasih itu kamunya siap ga dibimbing dan wajib solat 5 waktu dan bla bla bla aku malah diedukasi intinya klo dia ngasih itu jadinya itu tanggung jawab dia kl kita ga ibadah, ga dipake, dia kena dosanya juga dll gitu deh. nah berdasarkan pengalaman yang udh udah selama pacaran emang iman ku naik turun, yah akunya ga bisa jawab ditanya begitu, akhirnya ku tanya balik, emang kl ga ngasih itu km renacannya mau ngasih apa. trus dia mikir bentar dan bilang kalo dirham gimana, ku bilang gpp sih, tp kasi dinarnya juga la, kl dirham doang kurang bs jadi aset gitu menurut aku hehe. yauda dia bilang kalo 2 dinar tiga dirham gimana, aku langsung yes. 
kalo kalian tanya kenapa bukan emas batangan aja? knp dinar? ya simpel aja, dinar jualnya ga semudah emas batang, dengan harapan ya dimasa depan kalo butuh biar ga ngegampangin aja gitu. well done curhatnya, langsung aja kita beli dinarnya di salah satu butik emas antam di jakarta, harganya mengikuti harga emas antam biasa kok, cuma kl beli dibutik emas antam dikenakan pajak pembelian 10% atau kalo kita punya NPWP pajak nya jadi cuma 4,sekian % . nah kmrin kita pke NPWP, kan lumayan ya kalo 2 dinar itu kan brrti 4,25gr x 2 = 8,5 gram dikali harga emas plus tambah pajak 10 % kan lumayan biasa buat beli dirham hehe  >.<.
untuk dinar ini ada 2 pilihannya dinar Au dan Dinar FG, bedanya ini Kalo dinar Au kadar Emas nya 91,7 % kalo dinar FG (Fine gold itu 99,99% kadar emas nya). kalo ditanya mana yang sesuai syariat. hasil penelusuranku sih sama aja. secara sejarah keduanya pernah dipake awalnya FG trus jaman ke khalifahan siapa gt aku lupa dipake yg Au dengan alasan lebih kuat dan otomatis awet. tau sendiri kan kalo emas murni itu lembek, gampang pengok/berubah bentuk dan bompel atau baret. nah kalo kita mau pake buat mahar selera kalian aja sih.untuk pilihannya ini dinar ada koin pecahan :1/4 dinar, 1/2 dinar, 1 Dinar, 2 Dinar, atau 4 dinar. kalo dirham ada pecahan 1 Dirham (3 gram perak 99.95%) atau 4 Dirham. 
trus tentang cincin
aku udah sempet browsing browsing tentang cari cincin di jakarta, intinya ada 3 toko mas Kaliem di Blok M, di cikini Toko Suki dan Kenanga.


aku review dikit ya.

jadi aku ga ke toko Kaliem, karena jauh dr tempatku, dan ku tau di lumayan priceyy, karena kakaku nikah dlu juga beli sana, memuaskan sih hasilnya, bisa request model juga. kotaknya juga cantik hehe. tp karena sadar budget ku memutuskan ga kesana karena pasti bakal ada yg kecantol ya haha
lalu jadilah Aku ke CGC, Cikini Gold Center. ini posisinya strategis sih, persis depan stasiun cikini. kl aku kmrin naik motor dari arah kwitang cuma tinggal belok kiri aja di tugu tani, lurus terus sampe ketemu gedungnya di kiri jalan.
aku kesana pas seminggu setelah lebaran 2019 jadi tokonya masi banyak yang tutup. ku sm cami putuskan ga langsung ke toko yang dituju, pengen liat liat dlu. mampir lah kita ke toko bukit emas.
lokasinya persis di depan pintu masuk. linghtingnya oke bgt bikin cincinnya keliatan bling bling haha. tapi pas ku liat dan cobain beberapa menurutku dan cami kurang cocok. ya selera ya. 
trus kita jalan ke beberapa toko lagi ketemu deh cincin yang ditaksir, cincinnya sesuai kriteria, emas putih, tipis, karena jariku imut dan kurus jadi merasa kurang pantes pake yang tebel. trus ada berliannya.
aku memang suka model classy gitu ya, jadi beberapa hari sebelumnya ku udh request pengen cincin model solitaire gt, emas putih pake mata berlian, cami oke in aja, tp setelah dipikir pikir kyny klo buat cincin kawin kurang cocok, krn ku orangnya kan ceroboh, dan males ngurus cincin jadi kalo cincin kawin dipake sehari hari model solitaire gt khwatir aja nyangkut pas aku buru buru pake baju atau cardigan knit yakan. trus jg yg ku baca mahkotanya mesti setahun di perbaiki biar tetep bisa mencengkram si berlian dengan baik. kecuali bahan cincinmu platinum mungkin ga mesti sesering itu krn platinum kan lebih kuat ya, ga gampang berubah bentuk dibanding emas.
yauda deh balik lagi ke cincin yang aku taksir, intinya deskripsinya, cincinnya tipis, kecil, dan batunya ga menonjol keluar, sejajar aja gt sama emasnya. setelah ku browsing ternyata itu namanya cincin model eternity, pasaran lah, classy, aku memang sukanya yg classy haha. selara ya. trus punya cami modelnya polos aja,kita tanya di toko itu kira kira abis berapa dia ngasih harga total 5,1 jt. 
dengan deskripsi,
perkiraan cincin aku berat emas putih 75% berat 2,2 gram, 
cami paladium 40% 3,6 gram, 
berlian 0,02 crat 3 butir, 
sebenernya yang di display berliannya 12 butir, cuma menurutku kebanyakan gitu sampai ngelingkarin setengah jari, takut gatel jari kelingking dan jari tengahku kl kegesek rupa batu haha. ku pengen keliatan emasnya juga di jari sempet galau mau pake 5 butir atau 3, tapi jadinya 3 aja. 
ku ga inget masing maisng cincin harganya brp, yg ku inget cuma berliannya 0.02 ct 3 butir 1,2jt.
yauda tuh naksir tpi ku sm cami merasa belum puas liat liat yg lain, akhirnya kita blikin deh tuh cincin bilang sm cici nya mau liat liat yg lain dlu. 
yauda deh kita ke toko toko lain tapi di toko lain pilihan cincin kawinnya g banyak, dan kurang sreg aja sm modelnya, meskipun bisa custom sih, katanya bisa request cincin yang ada ditipisin, dikurangin lebarnya atau ditambahin, request ukuran berliannya, cuma aku sm cami ngga mau ambil resiko berkhayal ini cincinnya gini gitu, kenyataannya yang kita liat udh cakep aja belum tentu cantik di jari haha. jdi kita suka yg pasti pasti ajalah. cari yg pas.
nah udh keliling liling ga dpt banyak pilihan, sampai lah kita ke depan toko kenanga. begini revienya

TOKO KENANGA
 Cikini Gold center LT 2.
disini tokonya kecil gitu, trus bukan hook. satu muka gt, cuma emang etalase nya leter L gitu sih, jadi bisa ke dalem, cuma ya itu. sempitt. mana rame bgt lagi. karena ku ga sabar, males juga nunggu lama lama blm tentu naksir wkwk. akhirnya ku sm cami intip intiplah koleksinya melewati celah badan orang haha. udh liat liat ga ada yg sama sama suka, akhirnya kita bilang, coba ada ga model yg ky dtoko sebelumnya, kl ada mana tau kalo beli disini harganya dapet lebih murah yakan hehe. yauda ga ada, skip deh, lanjut toko selanjutnya,



TOKO SUKI

cikini gold center lantai Dasar
kita pas kesini jg rame bgt, cuma dia tokonya hook itu jd antrinya ga separah kenanga, dan masih bisa intip intip di antara antrian, akhirnya dapet juga space antrian setelah nunggu beberapa menit, trus kita dilayanin kokohnya, yang gesit bgt ngelayani banyak capeng sekaligus, yauda kita liat liat dan dicobain, belum dpt yang sreg juga, giliran ada yg pas modelnya ada lengkung gt, aku suka sih, tp pengalaman punya cincin yang ada lengkung dan sisi dalemnya itu sering cepet kotor, mesti sering sering dibersihin, dan ku cukup pemalas untuk melakukannya seumur hidup jadi cari yang polos mulus aja haha. yauda liat liat trus cami bilang eh ada tuh yg sama ky ditoko pertama tadi, mau liat. blm ku jawab langsung deh tangan kokohnya menyabut, diambilin sama dia, kita cobain dan oke dia dan aku setuju. trus pilih warna , si kokohnya nawarin mau emas putih, kuning atau rose gold. aku kurang suka kuning krn old style gt menurutku haha. pas dicobain rosegold manis jg di aku, tp cami kurang sreg krn menurut dia warna itu keliatan dekil di tangan dia, dan jadilah kuning atau putih, kuning okesih, cuma waktu aku tanya kokohnya emang warna asli paladium apa, katanya putih, yauda lah ku pilih putih aja, dengan pemikiran bahwa ga perlu lapis warna lagi dikemudian hari, karena kalian taukan kalo emas putih itu, warna putih karena dilapis rhodium, selain juga krn emas nya dicampur logam lain yg bewarna agak putih sih, tp emas putih ini lama lama bisa berubah warna, makanya perawatnnya perlu dilapis rodium lagi tiap 1-2 tahun sekali biar tetep bling bling. btw sepertinya kokohnya mendengar pembicaraan aku dan cami yang udh nentuin model tapi masi galau ini itu, akhirnya dia buru buru closingin kita deh tuh, dicariin ukuran cincin yang pas,
jadilah jari cami 14, jari aku 7, super imutt. ky cincin main mainan haha.
diitung lah, dengan perkiraan berat cincin display punya ku sekitar 2,2 gram dengan 3 berlian emas putih kadar 75%, punya cami 3,x% (ku lupa koma brp) palladium 50%. dia kasih harga 4.220k. aku sm cami lgsg liat liatan dong, wow, harganya selisih hampir sejuta sama toko sbelumnya dengan model dan spesifikasi yg sama. malahan di toko suki paladium nya kadar 50%, di toko sebelumnya cuma 40%. langsung lah si cami terlihat pengen buru buru lunasin aja. eit tapi sebelum dia melakukan itu lgsg ku minta diskon sm kokohnya haha. dasar ya aku nih udh murah masi ditawar juga haha, dikasihlah diskon sm kokohnya 20rb, jd cm 4,2 jt. lumayan lah 20rb bisa buat beli jus nunda laper, pulangnya udh siang bokk haha. yauda lah mau dibayar lunas sm cami, tapi ku bilang bayar 4 aja, kan ukuran jari kita lebih kecil drpd cincin display mana tau gramnya lebih kecil dr perkiraan jadihargnya lebih murah. yauda deh di DP sm cami 4jt. kita dijanjiin 2 minggu dikabarin.
menunggu lah dengan penasaran jadi ky apa yah cincin kita haha. setelah 2 minggu masih ga ada sms dr toko, akhirnya sabtu pagi cami yg inisiatif sms toko duluan, dan katanya udh jadi, lagsg deh kita berangkat jemput si cincin. 
dan benar aja setelah diambil ternyata kata cicinya cincin cami ga sampe 3 gram dan cincinku cuma 1,66gram dong jadinya, haha kecil bgt, tpi oke sih. manis. cocok untuk tanganku yg imut juga. cami jg suka liatnya. alhamdulillah puas, dan juga bener aja krn gram emasnya berkurang jd harganya juga berkurang. jadinya ku cm 4jt pas, 200rb sisanya dihapuskan. mohon maaf ya ga aku share foto cincinku karena katanya pamali kalo blm lamaran udah sesumbar pamer. 
kalo kalian kepo cincin ky apa sekecil punya ku, dan bisa dapet berlian dengan harga segitu kalian biasa serch pake " cincin kawin model eternity" kaya gitu model cincinku tapi berliannya cuma 3 butir, ku custom.



TIPS MEMILIH CINCIN KAWIN

kalo saran dari aku liat budget dan tujuannya.
kalo tujuan kalian itu cincin invetasti yang bisa dijual sewaktu waktu, aku saranin cincinnya emas kadar 75%, ga usah pake berlian karena berlian kl dijual harganya jatuh, kecuali kalian belinya pake berlian bersetifikat GIA, itu pun tetep jatuh sih, tp mendinganlah drpd berlian bersertfikat lain.
kl untuk cincin pria.perak dan paladium itu ga bisa dijual. kalo kalian niatnya investasi beli cincin pria yg platinum/platina. itu bisa dijual lagi suatu saat nanti, tp bahan ini harganya lebih mahal. 
kalo kalian budget rendah prianya bisa pake perak atau paladium, perak tergolong murah sih, meskipun kekurangannya bisa berubah warna, kurang awet gt, tp kl cami kamu ga niat untuk dipake sehari hari atau cuma sekedar punya aja ini bisa jadi pilihan. kalo paladium biasanya harga yang dipatok seharga emas, paladium lumayan awet. ga berubah warna. okelah untuk seumur hidup. cuma ya itu, perak dan palladium ga laku dijual kembali yaa, jd ga cocok untuk investasi. sisanya selera aja sih. saran dari toko emas, cobain dlu cincinya, pas dipajang mungkin bisa aja, tp pas dipake mana tau jadi cantik. begitupun sebaliknya. 





Welcome to the journey capeng, kalo tulisannya ini bermanfaat untuk kamu biarkan aku tau dengan cara kamu tulis di kolom komentar yaa. next ku mau tulis cari wedding venue.

wassalam.







x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peduli Anak Bangsa

ini adalah kegiatan tahunan khusus bulan ramadhan KIRJU yang berjudul "Peduli Anak Bangsa" sebenernya sih awalnya kegiatan ini biasa kita kasih nama "PAP atau Peduli anak Pesisir" lebih asik kan didengernya??? sepertinya lebih nyiris gitu kalo denger nama anak pesisir, tapi berhubung tahun ini kegiatannya bukan di Masjid Al-alam (deket rumah Si Pitung. tau kan??) seperti tahun-tahun sebelumnya tapi di daerah padat penduduk di Rawa Badak Selatan (deket rumah gue juga sih sebenernya) yang ngga deket laut. meskipun daerah jakarta utara itu sendiri juga udah wilayah pesisir tapi yaudalah ya kita kasih nama "Peduli anak Bangsa" kegiatan ini kita lakukan hari sabtu tanggal 13 Agustus 2011. Pemilihan tanggal ini juga sembet jadi bahan bercandaan panitia yang lain katanya "kenapa mesti tanggal 13 mentang-mentang ketuanya anak SMA 13" haha sebenernya ngga gitu juga abis mereka gua tawarin tgl 14 nya hari minggu ngga mau katanya takut capek karena besoknya

Rahma's Word

it's word that i got from my experience, and what i learn from reality life ini real world "local act, global think" its right ya! :) oleh Rahmawati "Thanks is nice, but money is better" its the reality now oleh Rahmawati "Long birocration is primitive way in modern era!" oleh Rahmawati "Organisasi bukan tentang kesuksesan proker dan nama yang berkibar tapi tentang kenyamanan dan kesenagan dalam visi" oleh Rahmawati "Visi akan tercapai dengan sendirinya didalam kenyamanan dan  solidaritas kelompok" oleh Rahmawati "Kenyamanan akan menimbulkan solidaritas, kekompakan, semangat, rasa memiliki dan kemenangan organisasi:" oleh Rahmawati "Organisasi bukan tentang rapat melaikan pertemuan :D" oleh Rahmawati "Sadarlah bahwa kesombongan adalah bumerang" oleh Rahmawati "Dalam menggapai apapun mental lah yang utama" oleh Rahmawati "Anda belum punya visi di mainset