Langsung ke konten utama

KEPEMIMPINAN ====Nurudin Siraj

 Peran Kepemimpinan
Dalam hal peran kepemimpinan atau dapat disebut juga peran manajer, tokoh yang paling kompeten adalah Henry Mintzberg. Menurut Mintzberg, terdapat 3 peranan utama yang dimainkan oleh setiap pemimpin atau pimpinan. Dari 3 peranan utama ini kemudian olehnya diperinci menjadi 10 peranan (Mintzberg, 1989:15-21). Peran pemimpin tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Peranan antar pribadi (interpersonal role)
Aktivitas-aktivitas yang sering dilakukan dalam peranan ini antara lain kegiatan-kegiatan seremonial sehubungan dengan jabatan yang melekat pada pemimpin. Status menghendaki pemimpin harus mau menerima undangan-undangan, mendatangi upacara-upacara, dan lain yang bersifat seremonial. Karena pemimpin mempunyai jabatan yang tinggi maka eksesnya pemimpin tersebut harus selalu mengadakan kontak tertentu pada pihak-pihak luar. Peranan ini oleh Mintzberg dibagi atas tiga peranan yang merupakan perincian lebih lanjut dari peranan pribadi ini. Tiga peranan itu antara lain:

a) Peranan sebagai Figurehead.
Sebagai konsekuensi atas otoritas formalnya, pemimpin harus melakukan tugas-tugas simbolik. Tugas ini harus dilakukan meski tidak terlalu relevan dengan tugas-tugas kepemimpinan (Yukl , 2005:30). Dalam posisinya sebagai pemimpin organisasi, setiap pemimpin harus melakukan tugas-tugas yang bersifat seremonial. Peranan ini dilakukan untuk mewakili organisasi yang dipimpinnya di dalam setiap kesempatan dan persoalan yang timbul secara formal.
b) Peranan sebagai pemimpin (leader)
Dalam peranan ini pemimpin melakukan tugas-tugas kepemimpinan. Ia melakukan hubungan interpersonal dengan yang dipimpin, melakukan fungsi-fungsi memimpin, memotivasi, mengembangkan dan mengendalikan. Dalam organisasi informal biasanya, pemimpin diikuti karena mempunyai kekuasaan, kharismatik atau kekuasaan fisik. Adapun dalam organisasi formal, pemimpin yang diangkat dari atas, maka pemimpin seperti ini seringkali tergantung akan kekuasaan yang melekat pada jabatannya tersebut.
c) Peranan pejabat perantara (liaison role)
Di sini pemimpin melakukan peranan yang berinteraksi dengan teman sejawat, staf dan orang-orang lain yang berada diluar organisasinya, untuk mendapatkan informasi. Oleh karena organisasi tidak berdiri sendiri, maka pemimpin meletakkan peranan liaison dengan cara banyak berhubungan dengan sejumlah individu atau kelompok-kelompok tertentu yang berada diluar organisasinya. Human’s menyebut peranan seperti ini sebagai hubungan pertukaran (exchange relationship) yakni pemimpin memberikan sesuatu agar mendapatkan sesuatu pula.



2. Peranan informasional (informational role)
Peranan interpersonal meletakkan pemimpin pada posisi yang unik dalam hal mendapatkan informasi. Hubungan-hubungan keluar membawa padanya mendapatkan informasi yang spesial dari lingkungan luarnya, dan kegiatan-kegiatan kepemimpinan membuat pemimpin sebagai pusat informasi bagi organisasinya. Oleh karena itu sebagai kelanjutan dari peranan interpersonal di atas Mintzberg merancang peranan kedua yakni yang berhubungan dengan informasi. Peranan itu terdiri dari peranan-peranan sebagai berikut:
a). Peranan monitor,
Peranan ini mengidentifikasikan seorang pemimpin sebagai penerima dan pengumpul informasi agar supaya ia mampu untuk mengembangkan suatu perhatian yang baik dari organisasi yang dipimpinnya, dan mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang lingkungannya. Pemimpin mencari informasi itu agar ia mampu untuk menyerap perubahan-perubahan, mengidentifikasikan persoalan-persoalan dan kesempatan-kesempatan yang ada, untuk membangun pengetahuannya tentang lingkungannya menjadi tahu kapan suatu informasi harus diberikan untuk keperluan pembuatan keputusan. Informasi yang diterima oleh pemimpin ini dapat dikelompokkan atas lima katagori berikut ini (Thoha, 1986:14-16): 1) Internal operations, 2) Peristiwa-peristiwa di luar organisasi (external event), 3) Informasi dari hasil analisis, 4) Buah pikiran dan kecenderungan, 5) Tekanan-tekanan.
b). Peran disseminator
Peranan ini mengharuskan pemimpin untuk melakukan proses transmisi informasi-informasi ke dalam organisasi yang dipimpinnya. Ia melakukan penyampaian informasi yang berasal dari luar ke dalam organisasinya, dan informasi yang berasal dari bawahan atau stafnya kebawah atau staf lainnya.
c). Peranan juru bicara (spokesman)
Peranan ini dimainkan pemimpin untuk menyampaikan informasi keluar lingkungan organisasinya. Bedanya dengan disseminator ialah spokesman ini pemberian informasinya keluar, untuk lingkungannya, sedangkan disseminator hanya ke dalam organisasi.

sumber: http://ade-buluk.blogspot.com/2011/10/kepemimpinan-nurudin-siraj.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wedding Preparation - Venue - KOJA -SEMPER-SUNTER -KELAPA GADING

Bismillahirrahmannirrahim Sekarang aku mau share pengalamanku cari Wedding Venue ya, ku cari yang sesuai kebutuhan Karena ku tinggalnya di daerha Plumpang dan cami di semper, intinya kita masih satu kecamatan ya jadi kita putuskan cari wedding venue yang deket deket aja, sebenenya sih undangan kita ga banyak cuma berhubung rumahku di gang kecil yang ga mungkin pasang tenda, dan setelah kita survey harga tenda jg lumyan. mulaillah kita cari opsi venue yang bentuknya AULA, bukan gdeung besar ya karena memang encana undangannya ga banyak. ini Reviewnya AULA-Venue wedding di Daerah Plumpag, koja, semper, sunter. 1. GOR BALAI RAKYAT SEMPER Aku kesini sabtu, katanya pengurusnya PNS jadi cuma bisa jam dan hari kerja, yauda jadilah kami tanya sedikit satpamnya, katanya aula muat 1000 orang standing. kl yang aku liat sih dalemnya ga gede gede bgt ya. kyny sesak kalo 1000 orang. dan dikasih nomor pengurusnya sm bpk satpam, cami sms pengurusnya, katanya sewanya 5,5 hanya gedung. pe...

DID YOU KNOW? part 4

Tahukah Anda. Donat ciptaan Captain Hanson Crockett Gregory tidak akan terkenal ke seluruh penjuru dunia jika saja Angkatan darat Amerika tidak mengadakan "hari Donat" sejak tahuh 1938 untuk memperingati pekerja yang menyediakan ribuan donat bagi tentara di Perang Dunia I. Tahukah Anda!. Pembayaran menggunakan Cek (check) pertama kali ada pada tahun 352 sebelum masehi di romawL namun baru tahun 1500 ditemukan bukti nyata adanya transaksi menggunakan cek di Belanda, kemudian berkembang ke Inggris sekitar 1700 an.Salah satu bank memberikan nomor seri di sudut kanan atas cek agar bisa melacak keberadaan cek tersebut, dan dari sanalah asal kata "check" Peredaran cek antar bank menjadi masalah besar di inggris saat itu, meskipun para kurir diberi tip untuk setiap pengambilan cek, namun tetap saja sistem itu membuang waktu dan bertele-tele, untuk memecahkan masalah tersebut para kurir berkumpul di salah satu warung kopi (kafe). istirahat sambil ngopi ba...

Wedding Preparation - Mahar & Cincin Kawin

Bismillahirrahmanirrahim, sudah lama ya ga nulis, lama sekali. dulu niatnya blog mau diisi informasi yang aku punya, tapi sekarang kayanya mau diisi random aja deh hehe. terinspirasi dari pengalamanku cari informasi via browsing ke blog blog, aku juga mau nulis pengalaman aku, siapa tau bisa bantu yang lain. tadinya sih ga kepikiran mau share karena kynya privasi gitu. tapi karena aku merasa terbantu juga sama teman teman blogger yang nulis ini, bikin aku pengen ikutan nulis juga, ya meskipun mungkin isinya 11-12 sama yang ditulis blogger lain, anggep aja tulisan ku ini update 2019 nya ya, karena aku sendiri cari di browser dapetnya tulisan tahun udh beberapa tahun belakang, jd harganya udah kurang relevan karena infalsi . oke udah dulu ya basa basi blog nya.  mulai ke ceritanya, jadi cami (baca : calon suami) udah mulai memikirkan pernikahan, masih tahap awal banget sih, karena dia denger dari org  terdekatnya kalo punya niat nikah tuh lakuin aja, ga usah nunggu na...